Rabu, 14 Desember 2011

Hardware (Perangkat Keras) Komputer


HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER

Pengertian Hardware
prosesorHardware ( Perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.


Berdasarkan fungsinya, Hardware dibagi menjadi lima (5)
  1. Input divice (unit masukan)
  2.  Process device (unit Pemrosesan)
  3.  Output device (unit keluaran)
  4.  Backing Storage ( unit penyimpanan)
  5.  Periferal ( unit tambahan)

1.      Input Device (Unit Masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program
Berdasarkan sifatnya, peralatan digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung  diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch   screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media   tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.


Macam-macam piranti pada unit masukan
gambar-211.jpga. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.

mouseb. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi       alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
gambar-213a.jpgc. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan padalaptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.

gambar-218.jpgd. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untukmeng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

gambar-220.jpge. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori  komputer atau untuk mendengarkan suara.

gambar-219.jpgf. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
Macam-macam piranti pada unit Pemrosesan
q  power supplyPower Supplay
Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer.

q  RAMRAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
q   
q  Prosesor
motherboard Prosesor,  biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk menjalankan sistem operasi.




Macam-macam piranti pada unit keluaran
                                   
¨  Monitor
monitorMonitor adalah salah satu jenis soft-copy device,karena keluarannya adalah berupa signalelektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.        

¨  Printer
printer Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

q  speakerSpeaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara    menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

Macam-Macam Piranti pada Unit Penyimpanan
a. Harddisk (HDD)
harddiskHarddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis.


b.   USB Flash Drive
      USB Flash Drive adalah media penyimpanan data yang menggunakan port USB.
c.   CD (Compac Disk)
CD (Compac Disk) adalah media penyimpanan yang berbentuk piringan, berfungsi menyimpan data hingga 700 Mbyte.




Macam-Macam Piranti pada Unit Tambahan
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
     
Sumber:
http://laksamana-embun.blogspot.com/2010/03/hardware-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar