Rabu, 14 Desember 2011

Software komputer

SOFTWARE KOMPUTER
Oleh: Achmad Farchan (1102411049)

Pengertian Software (perangkat lunak) KomputerSoftware adalah perangkat lunak yang ada dalam komputer dan dirangkai untuk memberi perintah atau mengatur alat-alat pada sistem komputer.
Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa disentuh atau dipegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi.

Software (perangkat lunak) dibagi menjadi 3 :
1). Sistem operasi ( operating system )
Sistem Operasi merupakan progam yang dirancang untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer. Contoh; seperti mengatur konfigurasi dan mengontrol penggunaan memori komputer, monitor, disk drive, keyboard, mouse, printer, dll
Tugas-tugas sistem operasi
a.       mengatur user interface, yaitu bagaimana antar komputer dan pengguna bisa saling berinteraksi
b.      mengkoordinasikan perangkat keras dengan perangkat lunak yang terdapat pada komputer.
c.       Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpanan
d.      Mengelola sumber daya sistem pada komputer, dll.
2). Bahasa pemrograman.
Bahasa pemprogaman merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengkonversikan     algoritma kedalam format yang bisa dijalankan oleh komputer.
    Bahasa pemprogaman dibagi menjadi dua bagian;
a.       Low level language merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin.
Contoh: 1.       Machine code, merupakan kode yang disimpan dalam bentuk angka       binner (0 dan 1), dimana angka binner tersebut berfungsi menyimpan intruksi yang diperlukan oleh mesin.
2.         Assembly code, merupakan code untuk mempresentasikan machine code kedalam komputer. Assembly code ini akan diubah menjadi machine code melalui bahas assembler.
b.      High level language, merupakan bahasa tingkat tinggi dimana struktur maupun tata bahasa dalam penulisan progam mudah dipahami oleh manusia.
Contoh: 1.       Portran (formula translator)merupakan bahasa pemprogaman yang digunakan untuk penghitungan teknik.
2.       Algol (algoritmik language), merupakan bahasa pemprogaman yang ditulis dalam bentuk algoritma, dan biasanya digunakan untuk penelitian ilmiah

3).Utility Software.
Utility software merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu   permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer, diantaranya; mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat atau copy file, membuat atau menghapus proteksi suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dll.
Contoh: norton utility, disk optimizer, diaguare test, copy tools, dll.
Jenis-jenis Perangkat Lunak
1.      Perangkat lunak sistem komputer.
Perangkat lunak yang berfungsi agar komputer dapat berjalan dengan baik, termasuk didalamnya perangkat lunak sistem operasi dan utiliti.
2.      Perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer, masuk didalamnya adalah pemrproses kata (word processing), pengolah angka (spreadsheet), basis data (database), game computer, perangkat lunak pengelola video (video editing).


  

                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar