Rabu, 14 Desember 2011

Istilah dalam Ilmu komputer

ISTILAH DALAM ILMU KOMPUTER
Oleh: Achmad Farchan

Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

Accessories
Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.
ActiveX
Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.
Adobe PageMaker
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.
Adobe Photoshop
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

Aligment
Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

Align
Dari kata alignment, yaitu perintah dalam program pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.
Alpha Numeric
Campuran antara karakter dan angka termasuk huruf (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.
Alt Key
Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.
AND
Salah satu operator logika dari Aljabar Boolean untuk membandingkan apakah dua variable akan menghasilkan nilai benar atau salah.


Anti Virus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Append
Perintah dalam aplikasi pengolahan file untuk menambahkan sebuah record baru pada suatu file atau menggabungkan file baru dengan file lama.

Application
Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.

Arcade
Game di komputer yang sederhana dan berbentuk dua dimensi, misalnya Packman.

Architecture
Rancangan dari penyusunan komponen-komponen di dalam komputer.

Archive
Dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi salinan asli dari kerusakan.
Ascending
Urutan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, misalnya dari A-Z; dari 0-9.

Ascending Sort
Teknik pengurutan dengan cara menyusun data atau informasi dari nilai terendah ke nilai tertinggi.
Attachment
Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Auto Focus
Suatu alat yang bisa mengatur kamera agar bisa secara otomatis mengatur fokus pada segala sesuatu yang tampak di tengah jendela pembidik, sehingga fotografer tidak perlu mengatur lensa secara manual.
Auto Login
Sebuah fasilitas dalam lingkungan jaringan yang mengatur usaha login seorang pengguna (user).
Auto Shapes
Kemampuan program pengolah kata untuk membuat teks secara tiga dimensi, kotak tiga dimensi, kotak teks dan lain-lain.
Auto Text
Kemampuan program pengolah kata untuk memasukkan sebuah kata ke dalam tombol keyboard sehingga sebuah kalimat yang panjang dapat ditulis hanya dengan menekan tombol yang berperan sebagai short cut tersebut.
Auxilliary Memory
Memori tambahan di samping memori utama, misalnya disket.

Available on Disk
Menyatakan banyaknya area di dalam disk yang masih kosong dan siap untuk ditempati data.
B&W (Black and White)
Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.
Background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.
Backspace
Tombol keyboard bersimbol “               yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.
Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
Beep
Suara yang muncul melalui speaker komputer, umunya menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.
Benign Virus
Sebutan bagi virus "main-main". Jenis virus ini tidak menyebabkan kerusakan. Gangguan yang ditimbulkannya berkisar dari munculnya tulisan "Peace on Earth" secara acak pada layar monitor, hingga munculnya suara setiap kali sebuah tombol dipencet.
BIOS (Basic Input Output System)
1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen.
2. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Bit
Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.

Bit Depth
Jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan tiap titik dalam representasi citra grafis. Makin besar jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan suatu titik, semakin banyak warna dan atau bayangan abu-abu yang dapat dibuat.

Bitmap
Sebuah image grafis yang disusun dari pixel-pixel dan dikonversikan ke dalam bits. Biasa digunakan dalam Microsoft Windows.

Blink
Istilah untuk menyatakan kursor atau karakter yang berkedip-kedip.

Bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.

Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

CAD (Computer Aided Design)
Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik.

Calculator Mode
Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.

Callout
Salah satu kemampuan dalam pengolah kata Ms-Word untuk menambahkan tempat teks penjelasan gambar.

Cancel
Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Caps Lock
Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Caption
Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.

Card File
Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat. Karena dapat menyimpan data seseorang, seperti nama, alamat, nomor telepon serta beberapa catatan lainnya.

Carriage Return
Istilah lain untuk menyebut tombol Enter pada keyboard.

Cascade
Metode menampilkan jendela (window) dalam lingkungan Windows. Jendela-jendela yang dibuka akan ditampilkan secara bertumpuk. Setiap sisi atas jendela (di bagian heading) tetap terlihat sehingga pemakai dapat mengaktifkan jendela yang berada di tumpukan bawah dengan meng-klik heading-nya.

Casing
Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.

Catalog
Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

CC (Carbon Copy)
Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.

CD (Compact Disc)
Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data.
3D Studio Max
Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi.

Data
Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database
Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

Database Management
Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari data tersebut.

Database User
Sebutan bagi para pengguna basis data.

Data Dictionary
Daftar unsur-unsur data yang masing-masing dilengkapi dengan penjelasan.

Data Link
Metode pengiriman data dari suatu tempat ke tempat lain. Bisa berupa saluran telepon, kabel koaksial, gelombang radio, gelombang mikro, bahkan sinar laser.

Data Rate
Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik.

Del
Tombol keyboard yang digunakan untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor atau beberapa baris teks yang telah diblok.

Desktop
Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja.

Desktop Publishing (DTP)
Software yang digunakan untuk membuat dan mengatur format pada pencetakkan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP adalah Ventura dan Pagemaker.

Dial up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.

Dial up Line
Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up, terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.

Dialog Box
Sebuah jendela (window) yang berisi beberapa pilihan untuk memilih suatu isian atau setting yang diinginkan pengguna.
Edit
Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.

Editor Program
Program khusus yang mempermudah pengguna melakukan koreksi, ,penyisipan, modifikasi, penghapusan dalam program atau data yang ada.

EDP (Electronic Data Processing)
Pengolahan informasi yang dikerjakan secara elektronik oleh komputer.

EDP Management Science
Ilmu yang mempelajari sekelompok masalah manajemen yang sanggup ditangani program komputer.

Eject
Perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas di awal halaman. Apabila saat ini posisi kertas berada di tengah, maka sisa halaman akan diabaikan dan meletakkan kertas berikutnya di awal halaman.

E-mail
Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.

End
Tombol pada keyboard, berfungsi untuk menggerakkan kursor ke akhir baris.

Error
Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

Esc/Escape Key
Tombol pada keyboard yang apabila ditekan akan menghentikan pelaksanaan instruksi yang sedang diproses, dan mengembalikan kontrol ke menu sebelumnya.

Exit
Instruksi untuk keluar dari suatu program komputer.

File
File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang disesuaikan dengan posisinya dalam file.

File Name
Nama yang diberikan pada sebuah file oleh pembuatnya. Tujuannya adalah supaya mudah diingat dan mudah pula mencarinya.

Flash
Salah satu jenis program animasi vector yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada halaman Web, sehingga dapat ditampilkan di Internet. Dengan bantuan plugin tertentu.

Floopy Disk
Namalain dari Diskette.
Font
Bentuk, model dan ukuran huruf pada sebuah program atau software.

Footer
Teks yang ditempatkan pada margin bawah di setiap halaman.

Footnote
Catatan yang akan diletakkan di margin bawah pada halaman tertentu saja.

GB
Berasal dari kata GigaByte, merupakan satuan pengukuran kapasitas harddisk pada komputer dengan 1 GB = 1024 MB.

Global Search
Pencarian dengan cepat semua file yang memiliki nama dengan satu kata atau beberapa karakter yang sama.

Google
Nama search engine di Internet.

GPRS (General Packet Radio Service)
Layanan komunikasi berbasis paket, tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses Internet dengan lebih cepat.

Homepage
Halaman pertama dari suatu Web Site.

HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Sebuah metode atau protokol untuk mendowload file ke komputer. Protokol ini berbasis hyper text, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.

Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file atau halaman yang berbeda). Biasanya digunakan dalam membangun sebuah Web.

Icon
Sebuah lambang kecil berupa gambar yang tampak pada layar komputer. Biasanya dipakai untuk melambangkan dokumen atau program lain dan disk drive.

Internet
Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk Network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.

Internet Explorer
Suatu browser Web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft.

Java
Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.

JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan dapat terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dll.

LAN
Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.

LCD (Liquid Crystal Display)
Jenis tampilan layar yang menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.

Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau Internet.







Sumber: Kamus Istilah Komputer dan Informatika Andino Maseleno 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar