Rabu, 02 November 2011

Praktek penggunaan media pembelajaran





Penggunaan Media Tiga Dimensi pada Sekolah Dasar

Menggunakan analisis ASSURE
Analysis Learning
Berdasarkan teori perkembangan kognitif menurut Jean Peaget (Hurlock: 2001), bahwa usia SD (6-12 tahun) masi dalam tahapan pra operasiona, dimana dala pertumbuhan dan perkembangannya anak masih membutuhkan pengkonkretan dalam penerimaan pemahaman materi pelajaran. Sehingga penggunaan media tiga dimensi sangantlah penting diterapkan pada kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan sekolah dasar.
State objectives
Tujuan pada penggunaan media tiga dimensi bagi pendidikan usia sekolah dasar adala untuk meletakkan kemampuan berfikir konkrit, mengurangi verbalisme, memberikan pengalaman nyata, membantu tumbuhnya pengertian dan perkembangan kemampuan berbahasa.
Select method, media, and materials
Contoh, pada pelajaran IPA kelas 3 SD, pada materi pengenalan macam-macam akar pada tumbuhan yang meliputi akar tunggang dan serabut, maka media yang tepat adalah membaca wujud nyata dari akar tersebut atau miniaturnya dalam bentuk nyata tidak berupa gambar apalagi bayangan (verbal).
Utilite media and materials
Menampilkan wujud nyata dari media yang dijelaskan, miskipun dalam bentuuk miniatur, dan siswa diperkenankan untuk mengamati dengan seksama, sehingga siswa mampu mendeskripsikan dari media tersebut sesuai dengan penalarannya, lalu guru menyempurnakan deskripsi yang diutarakan oleh siswa.
Require learners participant
Dunia pendidikan sudah menyadari bahwa partisipasi aktif dalam proses belajar akan menambah kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran, maka harus mementingkan pengorganisasian kembali kurikulum dan pengajaran untuk membuat partisipasi siswa melalui; diskusi, kuis pendek, dan penerapan latihan.

Evaluate and revisi
Evaluasi langsung dibuat sebelumnya,selam dan setelah pelajaran. Evaluasi tidak hanya diujung pelajaran. Evaluasi merupakan nilai awal dari siklus berlanjut dlam sistem efektifnya media belajar.
Oval: Sebelum menggunakan media
Oval: Penggunaan media
 


 
Oval: Setelah menggunakan media 


Dengan evaluasi tersebut menunjukkan perbedaan atau perubahan; sikap dan pengetahuan siswa pada kegiatan belajar mengajar menerima materi pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar